Setup cPanel 8 – Easy Apache

Ketinggalan? Baca tutorial sebelumnya
Easy Apache adalah fasilitas cPanel/WHM yang memudahkan Anda me-recompile dan rebuilding Apache dan PHP.

Apa Sebenarnya Easy Apache?

Untuk memudahkan Anda memahami step kali ini, modules yang di-rebuild-recompile di Easy Apache, dibutuhkan untuk menjalankan web nantinya. Misalnya, agar email tidak dianggap spam, dibutuhkan headers. Maka, aktifkan headers yang terdapat pada konfigurasi Easy Apache nanti.

Sebelum Memulai

Pastikan Max cPanel process memory (Minimum: 512) di Tweak Settings → Unlimited agar proses rebuild berjalan lancar. Sejak WHM versi 11.40, tampilan di menu EasyApache WHM berubah. Jadi pada tutorial ini mengikuti perubahan tersebut. Menurut kami, di tampilan baru ini cPanel menyajikan beberapa preferensi profil, tanpa Anda harus repot-repot menentukan mana modules yang dicentang dan digunakan. Semua tinggal tergantung pada keperluan Anda masing-masing. Ada 3 rekomendasi dari cPanel yang dapat Anda gunakan. Basic (untuk standard-nya web), jika Anda berencana menggunakan CloudLinux™ gunakan preferensi MPM ITK, namun jika Anda dalam penggunaan standard tapi ingin lebih aman, gunakan preferensi Mod Ruid2.

Easy Apache

1.1. Customize Profile.

1.1. Customize Profile.

Jangan langsung klik Build Profile terlebih dahulu, tapi klik icon gear seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di atas untuk customize profile. Klik pada bagian opsi untuk mendapatkan penjelasannya.
  • Apache Version

    Apache Version2.4.10 (terkini)
    PHP Version5.5.19
    Exhaustive Options List✔ Asis ✔ Deflate ✔ Env ✔ Expires ✔ Fileprotect ✔ Headers ✔ MPM Prefork ✔ Mime Magic ✔ Mod SuPHP (versi) ✔ Proxy ✔ IonCube Loader ✔ Mod Bandwidth ✔ Mod Ruid2 ✔ Mod Security ✔ Bcmath ✔ Calendar ✔ CurlSSL ✔ FTP ✔ GD ✔ Imap ✔ MailHeaders ✔ Mcrypt ✔ Mysql ✔ Mysql of the system ✔ Openssl ✔ PDO ✔ PDO MySQL ✔ Sockets ✔ TTF ✔ Zip ✔ Zlib
Save and Build! Setelah selesai proses rebuild, akan muncul popup Configure PHP and suEXEC yang bertujuan untuk menetapkan PHP configuration Anda. Pastikan PHP handler pilih suPHP (jika kebutuhan Anda standard untuk web). Jangan lupa untuk Save New Configuration. Pastikan koneksi Anda tidak terputus di tengah rebuild Apache. Anda bisa mengulang proses ini apabila dirasa ada modules yang konflik, error, bugs, dan lain sebagainya. Acuan di atas hanya rekomendasi awal, selanjutnya tinggal pengembangan Anda sendiri sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>